Tips Mengatur Jam Tidur dengan Baik yang Perlu Kamu Perhatikan

- 31 Maret 2024, 18:40 WIB
Ilustrasi Seorang pria yang sedang tidur/tips tidur selama berpuasa di bulan Ramadhan./Pexels/
Ilustrasi Seorang pria yang sedang tidur/tips tidur selama berpuasa di bulan Ramadhan./Pexels/ /

RESPONSULTENG - Mengatur jam tidur saat puasa memang agak tricky. Soalnya, kamu harus bangun di tengah-tengah waktu tidur pada dini hari untuk sahur, lalu lanjut bekerja pada pagi harinya. Hal ini pasti sangat melelahkan.

Nah, supaya pola tidur tetap teratur dan risiko terjadinya masalah kesehatan akibat perubahan jam tidur ini bisa dikurangi, ikuti panduan berikut ini yuk:

1. Buat jadwal tidur dan bangun pada waktu yang sama
Supaya kualitas dan kuantitas tidur tetap baik selama bulan puasa, kamu perlu membuat jadwal tidur dan bangun di waktu yang sama dengan menghitung kebutuhan tidurmu.

Baca Juga: Jika Kamu Gemini, Coba Lihat Ramalan Zodiak 17 April

Jadi, untuk orang dewasa yang kebutuhan tidurnya 6–8 jam, kamu bisa atur waktu tidur di jam 21.00–22.00 untuk bisa bangun sekitar pukul 03.30-04.00 untuk sahur.

Supaya kamu bisa menerapkan disiplin tidur dan bangun di momen puasa ini, pastikan tidak makan berat saat mendekati waktu tidur, aktifkan mode tidur di gadget dan jangan membuka sosial media maksimal 1 jam sebelum waktu tidur, serta terapkan sleep hygiene lain.

Begitu pun saat sahur, perhitungkan waktu untuk mempersiapkan menu sahur dan buatlah alarm bangun di waktu yang sudah kamu tentukan. Kamu bisa memulai kebiasaan ini sebelum mulai puasa, supaya sudah beradaptasi saat momen puasanya berjalan.

Halaman:

Editor: Syalzhabillah


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah