Ulang Tahun ke-60 Provinsi Sulteng, Gubernur Sampaikan Capaian Pemerintah

- 20 April 2024, 14:17 WIB
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dan Wagub Mamun Amir ri acara silaturahmi. Rakyat Sulawesi Tengah
Gubernur Sulawesi Tengah Rusdy Mastura dan Wagub Mamun Amir ri acara silaturahmi. Rakyat Sulawesi Tengah /

RESPONSULTENG - Pada Rabu, 17 April 2024, Provinsi Sulawesi Tengah merayakan ulang tahun ke-60 dengan mengadakan upacara pengibaran bendera Merah Putih yang dipimpin oleh Gubernur Rusdy Mastura di Halaman Kantor Gubernur Sulawesi Tengah.

Upacara tersebut diselenggarakan dengan khidmat, dimulai dengan penampilan seni dan drumband, serta diikuti dengan pembacaan sejarah singkat Sulawesi Tengah oleh Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah, Dahri Saleh.

Hari jadi Provinsi Sulawesi Tengah ke-60 ini merupakan HUT yang ke-3 kalinya dalam periode kepemimpinan Rusdy Mastura bersama Ma’mun Amir sebagai pasangan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah.

Baca Juga: Gubernur Sulteng Sebut 6 Agenda Prioritas Sulteng Pada Musrenbang RKPD Tahun 2025 dan RPJPD 2025-2045

Hut kali ini mengangkat tema “kuat dan tangguh untuk sulawesi tengah lebih sejahtera dan lebih maju” yang mana menjadi tekad dan tujuan Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah ke depan untuk memantapkan Sulawesi Tengah yang dikenal sebagai Negeri Seribu Megalit menjadi daerah yang lebih sejahtera dan lebih maju lagi.

Pada kesempatan itu, dikutip dari sultengprov.go.id Gubernur Rusdy Mastura menyuarakan Dirgahayu Provinsi Sulawesi Tengah ke-60 tahun 2024, sekaligus mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat yang telah memberikan kontribusinya dalam membangun Sulawesi Tengah dengan kerja keras dan keikhlasan.

Selain itu kata Gubernur Rusdy Mastura, memasuki tahun ketiga memimpin Sulteng bersama Wagub Ma’mun Amir, Sulawesi Tengah menunjukkan trend yang positif diantaranya ;  berhasil menurunkan kemiskinan dari 3,02 persen (2022) menjadi 1,44 persen  (2023), menurunkan Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) dari 3,75  persen (2022) menjadi 2,95 persen (2023).

Baca Juga: Wujudkan Pemasyarakatan Sehat, Rutan Palu Gelar Pemeriksaan Kesehatan & Pengobatan Bagi Pegawai & Warga Binaan

Lanjut, meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dari 71,01 (2022) menjadi 71,66 (2023), Pertumbuhan ekonomi tertinggi 13,06 persen, jauh di atas rata-rata nasional yang hanya mencapai 5 persen, realisasi investasi sebesar 111,98 triliun, terbesar ke 3 secara Nasional di bawah Jawa Barat dan DKI Jakarta, Pendapatan Asli Daerah (PAD) mengalamai kenaikan signifikan dari Rp 900 miliar menjadi Rp 2 triliun.

Halaman:

Editor: Syalzhabillah

Sumber: sultengprov.go.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah