Tak Setuju Kenaikan UKT, Prabowo Minta Kalau Bisa Biaya Kuliah Gratis!

- 26 Mei 2024, 05:40 WIB
Presiden terpilih Prabowo Subianto berpandangan bahwa seharusnya uang kuliah tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri (PTN) dijamin serendah-rendahnya oleh negara.
Presiden terpilih Prabowo Subianto berpandangan bahwa seharusnya uang kuliah tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri (PTN) dijamin serendah-rendahnya oleh negara. /ANTARA/Andi Firdaus/

RESPONSULTENG - Presiden terpilih Prabowo Subianto berpandangan bahwa seharusnya uang kuliah tunggal (UKT) di perguruan tinggi negeri (PTN) dijamin serendah-rendahnya oleh negara.

Bahkan, negara seharusnya menggratiskan biaya pendidikan bagi rakyatnya yang masuk PTN.

Hal itu disampaikan Prabowo ketika ditanya dalam sebuah wawancara tentang tingginya biaya UKT yang dikeluhkan sejumlah mahasiswa di beberapa PTN.

“Menurut saya harus tidak boleh ini, terutama di universitas negeri yang dibangun oleh uang rakyat uang APBN, itu tidak boleh biayanya tinggi. Kalau bisa, biayanya sangat minim dan kalau perlu ya gratis, pendidikan,” kata Prabowo dikutip dari YouTube TV One News, Kamis (23/05/2024).

Baca Juga: Prabowo Subianto Bertemu Gubernur Jenderal Australia David Hurley, Bahas Tentang Pertukaran Kadet

Prabowo menekankan agar Negara betul-betul menghitung anggaran jika ingin menggratiskan biaya pendidikan tinggi.

Selain pendidikan tinggi, jelas Prabowo, Negara juga semestinya meminimalisasi biaya pendidikan dari tingkat SD hingga Sekolah Menengah Atas atau Kejuruan.

“Seharusnya, biaya pendidikan itu adalah tanggung jawab negara, dan seharusnya memang gratis,” ujarnya.

Baca Juga: Prabowo Subianto Tegaskan Kepemimpinannya Bukan Gaya Militer

Halaman:

Editor: Syalzhabillah

Sumber: gerindra.id


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah